Selasa, 12 April 2011

Fenomena Boyband di Indonesia


Boy band adalah sejenis kelompok musik pop atau R&B yang terdiri dari tiga anggota atau lebih, semuanya penyanyi laki-laki muda. Biasanya anggota boy band selain menyanyi juga menari dalam pertunjukan mereka. Mereka biasanya dibentuk oleh seorang manajer atau produser rekaman dengan cara mengadakan audisi, di mana para peserti diuji penampilannya, kemampuan menyanyinya, dan kemampuan berdansanya. Mereka biasanya tidak memainkan alat musik sendiri.
" Biasanya anggota boy band selain menyanyi juga menari dalam pertunjukan mereka." Tentu saja kebanyakan ada dancenya, kalau ga ada dance (apalagi kalau music nya nge bit) pasti membosankan sekali. Ngedance merupakan unsur yang pasti nempel di boyband. Ya jelas kalau band juga ngedance pasti bakalan susah (misal udah bawa gitar, nari-nari, syukur-syukur ga jatoh, ngedrum sambil nari ya ga mungkin,tangan nya aja udah cape nabuh drum nya).

Di barat boyband yang terkenal contohnya Backstreet Boys, New Kids on the Block, Boyz II Men, 'N Sync, Westlife, New Edition, Take That, dan Boyzone

Sedangkan di KorSel yang sekarang banyak digemari remaja Indonesia seperti Suju, Shinee, Big Bang, 2PM, 2AM, dll. Kalau di Jepang tentu saja ada anak-anak "Jhonnys" (lupa tulisan na bener ga nih) kayak Arashi, Kat tun, NYC, dll.

Indonesia sendiri, wow sekarang lagi hot-hot nya boyband yaitu Smash, NSG Star, Treeji, 3 in 1, dll. Yang paling terkenal saat ini sepertinya Smash yang melejit lewat lagu "I Heart You". NSG Star sendiri sebenarnya sudah lama dan dibentuk tahun 2010 dan baru terpublikasi di Inbox, Dahsyat, derings tahun 2011 ini.

Dari sisi lagu, NSG Star mengambil genre Pop dan Hip Hop, namun mereka juga Indonesia banget dengan menelurkan satu lagu yang berjudul "Sio Mama" (lagu khas daerah Maluku) di album Indonesia Stand Up. Dilihat dari 4 anggota NSG Star juga benar-benar mencerminkan "Bhineka Tunggal Ika", he he maksudnya ne member ada yang berasal dari Flores Timur (Gege), keturunan Cina (Surya Lee), ada dari Garut (Anggara) dan yang paling muda dari Jakarta (Ryan). Semua member mempunyai vokal khas masing-masing, sehingga kalau dengerin lagunya pasti tau yang lagi nyanyi member yang mana. Untuk koreografi dance juga bagus dan perlu ditingkatkan lagi sehingga kalau orang yang baru pertama kali melihat bisa langsung terpukau, seperti istilah ini "Kesan Pertama Sangatlah Penting".

Lagunya juga tidak hanya ada versi Bahasa Indonesia, namun juga ada yang berbahasa Inggris seperti Get Up, The Equation, Here By My Side dan I'm Still in Love With You. Dari informasi yang dibaca di website resmi NSG Star, mereka juga akan merilis album Internasional yang content lagu sama dengan album Indonesia Stand Up.

Memang tidaklah mudah meraih keteneran dan kesuksessan pasti ada tantangan yang menyertai, kita liat bagaimana NSG Star akan semakin tumbuh dan berkembang (namun masih ingat akan tanah yang mereka injak) yang bisa membuat kita bangga akan boyband Indonesia baik di nasional dan internasional juga ^^.

Nt : dapet info bahwa NSG Star akan membuat video klip untuk lagu Rapuh, semoga ni MV lebih baik daripada MV sebelumnya. Memang saya sendiri menyadari bahwa MV Disampingku, Mencintaimu dan Untuk Selamanya belum bisa menarik hati penonton.

Penasaran dengan lagu-lagu mereka, debut album dapat di download di sini



sumber :
wikipedia
official site NSG Star
















































0 komentar:

Posting Komentar

Share

Twitter Delicious Facebook Digg Stumbleupon Favorites